Properti Terbaru Pilihan

Advertiser

Adenand

ADENAND ROBERT

  • 081219666604
Aciek

M. Aciek Saleh

  • 0811 144 320
suyanti

suyanti

  • 08128118875
rey

reynaldi saputra

  • 081546241538
No recently viewed properties.
Tidak ada properti tersimpan

New blog posts

Hak Dan Kewajiban Penyewa Rumah Kontrakan

Apr 24, 2018 by Administrator

Datakos.com - Bagi pasangan yang baru...

Yang Harus Dilakukan Agar Bisnis Rumah Kost Sukses

Mar 13, 2018 by Administrator

Datakos.com - Di kota-kota besar di tanah...

Untung Rugi Tinggal Di Apartemen

Feb 7, 2018 by Administrator

Datakos.com - Saat ini sudah semakin banyak...

View all blog entries →

4 Trik Supaya Anda Untung Besar Usaha Sewa Rumah

Datakos.com - Jika Anda memiliki bangunan atau properti yang tak terpakai dengan alasan tertentu, seperti pindah tempat kerja, tentu Anda bisa memanfaatkan properti tersebut untuk dijadikan sebuah tempat usaha. Apalagi kebutuhan akan tempat tinggal khususnya di area yang lokasinya strategis semakin hari kian seakin tinggi, hal tersebut seiring dengan jumlah populasi manusia di Indonesia semakin meningkat. Namun sebelum Anda menyewa apartemen, rumah atau properti yang lainnya, alangkah baiknya Anda mempersiapkan berbagai hal supaya tak terjadi masalah di masa mendatang.

Tips Usaha Sewa Rumah Agar Untung Besar

Tanpa adanya persiapan matang untuk menyewa rumah, tentunya Anda akan kesulitan meraup keuntungan. Ada beberapa tips dan trik yang bisa Anda ikuti sebelum menyewakan bangunan atau properti milik Anda, seperti berikut!

 

Trik Pertama: Ukur Kesiapan Anda Untuk Membangun Usaha Sewa Rumah

Ada banyak sekali benefit yang didapatkan jika Anda menyewakan rumah selain mendapatkan uang, seperti mencegah properti Anda terhadap kerusakan akibat tidak terurus, dan keringanan pajak. Akan tetapi sebagai pemilik sewa rumah, tentunya memiliki tanggung jawab yang bisa dikatakan cukup berat. Sebab ada beberapa hal yang terkadang tak berjalan sesuai keinginan. Untuk itu, Anda tetap harus memiliki tanggung jawab terhadap sistem pemeliharaan dan perbaikan, menganggarkan polis asuransi rumah atau properti dan mengumpulkan uang hasil sewa.

 

Trik Kedua: Mengetahui Nilai Sewa Properti di Pasaran

Menentukan harga sewa yang pantas adalah hal wajib yang dapat Anda lakukan sebelum menyewakan rumah Anda. Maka dari itu, sebaiknya Anda melakukan survey lebih dulu agar nilai sewa yang Anda tentukan tak terlalu mahal atau tak terlalu murah. Kondisi lokasi dan properti tersebut merupakan faktor terpenting untuk menentukan harga sewa. Seperti ketika properti Anda berada di area lokasi ekspatriat yang banyak melakukan usaha, tentunya harga sewa rumah Anda pun dapat dipatok dengan harga tinggi. Anda bisa melihat lokasi tempat sekitar Anda lalu perhatikan jumlah sewanya serta spek yang Anda tawarkan. Biasanya calon penyewa yang potensial akan berkeliling di area lokasi tersebut demi memperoleh harga sewa berikut fasilitas terbaik.

 

Trik Ketiga: Melakukan Pemeliharaan dan Pembersihan

Hal yang tak kalah penting untuk Anda perhatikan saat menyewa sebuah properti adalah dengan mempersiapkan properti yang ingin Anda sewakan tersebut dengan sebaik mungkin. Sebab calon penyewa rumah Anda tentunya akan melakukan pengecekan tentang segala sesuatu yang ada di properti Anda. Maka dari itu, sebelum Anda menyewakan properti usahakan Anda sudah melakukan pemeliharaan dan pembersihan lebih dulu. Usahakan pula semua peralatan tersebut berfungsi secara optimal dengan kondisi yang baik. Misalnya saja seperti saluran listrik, saluran air dan lain sebagainya. Dengan banyaknya kerusakan di properti Anda justru bisa menurunkan nilai sewanya. Anda juga jangan lupa untuk melakukan pembersihan properti. Usahakan agar terbebas dari kotoran dan debu ketika calon penyewa hendak melakukan survey properti. Meskipun properti Anda dalam keadaan yang kosong, sebaiknya Anda memastikan agar kebersihan di dalamnya tetap terjaga. Sebab faktor kebersihan dan kenyamanan umumnya merupakan hal paling penting yang bisa membuat para calon penyewa untuk memutuskan menyewa rumah Anda.

 

Trik Keempat: Tetapkan Jangka Waktu Sewa

Jangan lupa untuk menetapkan jangka waktu Anda menyewakan rumah atau properti berdasarkan keinginan Anda. Bila memang Anda hendak menyewakan rumah tersebut untuk mendapatkan keuntungan, alangkah baiknya untuk menetapkan jangka waktu sewa tiap bulan. Hal tersebut mempermudah Anda menaikkan nilai sewa pada waktu tertentu ketika harga properti sedang naik. Namun untuk keamanan finansial, sebaiknya Anda menentukan sewa dengan jangka panjang, sekitar 1 tahun atau 2 tahun saja.

 

Dengan beberapa trik tersebut di atas, Anda tentu bisa mendapatkan keuntungan yang besar dari hasil sewa properti yang Anda bangun!

 

Sumber:  https://www.datakos.com/